HIATUS

setelah masa hiatus saya yang panjang dari blog ini… hiatus?

‘Hiatus’ dari makna istilah umumnya, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia berarti peralihan di antara dua monoftong yg berdampingan, yg membentuk dua suku yg berurutan tanpa jeda atau konsonan antara. Hmm… tetapi ‘hiatus’ di sini adalah hiatus dalam dunia Geologi, yang juga merupakan bagian dari pembahasan mengenai Waktu Geologi.

Precambrian_-_Cambrian_Unconformity_in_Grand_Canyon

Menurut Dictionary of Geology and Mineralogy, 2nd Ed. by McGraw-Hill, Hiatus [GEOL] : A gap in a rock sequence due to a lack of deposition of a bed or to erosion of beds. { hı¯a¯dəs }. Sedangkan definisi Schlumberger, Hiatus : A cessation in deposition of sediments during which no strata form or an erosional surface forms on the underlying strata; a gap in the rock record.  Intinya, hiatus merupakan waktu geologi yang hilang dari rekaman batuan, karena tidak adanya pengendapan batuan. Suatu celah dalam sejarah bumi!

Sejarah panjang evolusi dan dinamika bumi terekam dalam batuan, dalam skala waktu geologi. Pada dasarnya, waktu geologi bersifat menerus (continue), namun seringkali informasi dimana waktu tersebut didapatkan berasal dari rekaman batuan yang bersifat tidak menerus (discontinue). Ketika dinamika geologis seperti erosi menghilangkan suatu atau beberapa strata/lapisan batuan (suatu atau beberapa rekaman waktu), yang apabila dilanjutkan dengan adanya proses sedimentasi baru di atas bidang erosi maka telah terjadi suatu masa hiatus dan akan terbentuk suatu bidang ketidakmenerusan. Bidang ketidakmenerusan dalam urutan batuan yang menunjukkan terganggunya proses sedimentasi (dalam waktu yang cukup lama) disebut sebagai bidang Ketidakselarasan/inkonformitas (unconformity). Dapat juga dikatakan bahwa bidang ketidakselarasan merupakan bidang dimana tidak adanya pengendapan (non-deposisi) atau erosi yang memisahkan batuan yang lebih muda terhadap batuan yang lebih tua.

 

proses menuju ketidakmenerusanProses menuju Ketidakselarasan (sumber:bc.outcrop.org)

 

Unconformity terbagi dalam beberapa jenis;

  1. Disconformity; ketidakselarasan di antara dua unit batuan sedimen yang paralel.
  2. Angular unconformity; ketidakselarasan di antara dua unit batuan sedimen yang menyudut.
  3. Nonconformity, ketidakselarasan di antara batuan kristalin (batuan beku/metamorf) dan batuan sedimen.
  4. Paraconformity,
  5. Biconformity, ketidakselarasan dari dua ketidakselarasan (beda jaman) yang saling bertemu.

 

type of unconformitiesMacam-macam ketidakselarasan (Unconformity) (sumber:wikipedia)

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: